catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Untukmu, Ayah

on June 7, 2012

Ayah. Empat huruf sederhana yang tak pernah bermakna sederhana. Begitu pula sosoknya, yang tidak luar biasa, tapi sanggup mencintai dengan cara yang tidak biasa.

Tak pernah kudengar keluhan meluncur dari bibirmu. Entah karena kau memang pendiam, atau kau begitu menjaga lisanmu. Pula di kehidupan yang sulit, tak pernah kau mengeluhkan beratnya perjuangan mencari nafkah yang halal. Tak pernah teruntai tuntutan, sekecil apapun, untuk anak-anakmu. Kau selalu siaga dalam pertolongan, tapi selalu sungkan menerima bantuan.

Keluargamu adalah yang utama. Makin terlihat dari waktu ke waktu, betapa kau sangat ikhlas berkorban untuk mereka. Kau tunjukkan bahwa kau bisa buat ketiga putrimu bangga, meski bukan dengan harta. Begitu bangganya kami menjadi putrimu, hingga pernah terselip harap untuk memiliki pendamping sepertimu..

Sepertinya justru kami, para putrimu, yang kurangajar kepadamu. Meminta ini itu, karena tahu kau pasti tak akan menolaknya. Maaf ayah, bukan maksud kami begitu, hanya saja, begitulah jika kau sudah sedemikian kami andalkan..

Ayah. Terlalu sedikit yang telah kuperbuat untuk membalas kebaikanmu. Dan terlalu banyak alasanku demi melegitimasi perbuatanku. Tapi janji yang pernah terbit dalam hati untuk membahagiakanmu, tak akan pernah kuingkari.

Pernah kudengar, Tuhan mengganjar mereka yang berlelah dalam mencari nafkah untuk keluarganya, dengan surga. Untukmu, kurasa itu tak berlebihan. Maka, surga itu selalu terselip dalam doaku, saat kusebut tentang dirimu. Semoga kelak, di Hari Perhitungan, aku bisa menjadi saksi akan kebaikan yang telah kaulakukan, yang mudah-mudahan akan memuluskan perjalananmu ke surga. Dan semoga, aku bisa bertemumu lagi, Ayah, berkumpul kembali, dalam kekekalan..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: