catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Dongeng Tak Sempurna

on June 16, 2012

Setiap dari kita punya kisah untuk dijalani sendiri. Kisah yang mungkin, jika kita sanggup, ingin kita edit di sana-sini hingga memenuhi kemauan kita. Atau mungkin, sebenarnya kita memang sanggup. Meski hanya sebatas memgendalikan akal dan pikiran kita.

Selebihnya, kita hanya bermain peran. Tidak ada peran kecil. Semua dari kita adalah pemeran utama dari kisah hidupnya sendiri, meski kadang menjadi figuran dari kisah manusia lain.

Aku sendiri, sering merasa aku adalah figuran sejati. Berlalu lalang kesana kemari tanpa pernah benar-benar punya arti. Kecuali untuk membuat para pemeran utama lebih punya arti.

Aku menjalani peranku sendirian. Bukannya itu tak menyenangkan. Justru aku takut itu akan jadi terlalu menyenangkan, hingga kuabaikan setiap pertemanan.

Sebab teman pun kadang tak sejati. Mereka datang dan pergi. Mungkin mereka adalah figuran dalam dongeng tak sempurnaku.

Tak ingin munafik. Ada kalanya rindu akan sebuah kehadiran mengusik. Dan aku selalu punya cara. Dikawani sunyi, lagi-lagi akan kubuat puisi.

Seperti kali ini. Apa judul yang tepat untuk sajak ini? Bulir-bulir Galau? Di Penantian? Atau yang lebih representatif, Di Manakah Ujung Penantian Ini?

Ah, sudahlah. Judul bisa dicari. Yang penting di sajak ini, hatiku terwakili.

Inilah.

Pada pagi aku rindukan.
Pada siang aku rengekkan kehilangan.
Pada senja aku hadapkan keluhan.
Pada malam aku mengiba pelukan.

Pada fajar aku bisikkan harapan.
Pada matahari aku tunduk mengalahkan.
Pada cakrawala aku pasrah dari sindiran.
Pada bulan aku bulatkan kenangan.

Angin, masihkah dia tertipu?
Oleh tanah yang merasa dibenarkan
Atas tindakannya menuntut daun untuk jatuh
Meski ia masih setia pada bunga.

Pada langit aku tercurah.
Mengharap cinta di sebagian anugrah.
Kecil, rentan terlupakan.
Anggota komunitas semesta yang budiman.

Sudah ratusan hari.
Hidupku kujalani dengan penuh metafora mimpi.
Hanya satu yang kutunggu.
Kepulanganmu.

Me @fdh_ayu on twitter!

Posted from WordPress for Android


Leave a Reply

