catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Peristiwa

on July 13, 2012

Peristiwa itu, seperti baru kemarin.

Saat usia tak lebih dari sekedar angka. Hari-hari yang terlewati dengan perbincangan yang tak pernah benar-benar punya makna. Diselingi perseteruan kecil, lalu cepat berbaikan setelahnya. Tak pernah terutara, tapi kita tahu, tak ada yang lebih penting dari fakta bahwa kita selalu bersama.

Kurasa, waktu terlalu gegabah. Di saat bahagia, ia selalu bergerak cepat, kadang ingin kita menahannya meski tak sanggup. Tapi di saat pahit dirasa, ia akan lekat di sana, seolah enggan beranjak, meski kita merengek memintanya.

Peristiwa itu, seperti baru kemarin.

Saat tetes air hujan menari riang di atas mafhumnya bumi. Langkah kita berkecipak mencari peneduh. Kita menggigil karena kuyup, tapi tawa renyah kita beresonansi, hangatkan udara.

“Dalam hujan ada lagu, yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu.” Pernahkah kau dengar ungkapan itu? Saat ini aku mendengarnya. Butiran air ini serupa dentingan gitar, desau angin ini seperti suara merdu. Di telingaku, mereka benar-benar memainkan lagu rindu, yang mengingatkanku padamu.

Peristiwa itu, seperti baru kemarin.

Saat kata-kata tak lagi sanggup tersuara, terganti oleh air mata. Tak juga oleh kesedihanmu, ataupun kemarahanku. Apa, mengapa dan bagaimana. Tidak bisa terelaborasi sempurna.

Ia terus terngiang dan terputar ulang di benakku. Ratusan kali kucoba menalar kejadian itu. Memikirkan satu saja alasan yang cukup masuk akal atas sebuah pertanyaan klasik. “Mengapa kita berjumpa, bila kelak dipisahkan?” Dan aku tak pernah berhasil.

Sampai sekarang.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: