catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Benarkah Nurani Ini Masih Ada?

on July 23, 2012

Aku diam, aku berdebam.
Saat jutaan saudaraku ditebas lehernya
Dibuang dan diasingkan dunia
Ke mana mereka para pengabar?
Yang demi kebebasan berbicara mereka berkoar?
Masihkah bisa berkata biasa,
Saat kemanusiaan tercoreng oleh darah para syuhada Rohingya
Patut aku bertanya
Benarkah nurani ini masih ada?

Aku buta, aku binasa.
Tuli atas peristiwa
Yang meloloskan jiwa
Sementara aku masih saja
Bersembunyi dalam pura-pura
Merasa urusan remeh lebih utama
Dibanding hilangnya nyawa demi nyawa

Aku miris, aku meringis.
Dalam hati, jiwa ini hancur dalam rana
Di mana pemimpin yang perkasa?
Yang bergelagah lawan kebatilan dengan tangannya?
Atau aku, kamu dan kita semua memang layak bertanya,
Benarkah nurani ini masih ada?

Kumohon, lakukan apa saja
Dana, karya, doa
Bukalah banyak mata
Mau sampai kapan?
Kita tenang atas nama nasionalisme buta
Kita melenggang atas nama “bukan wilayah kita”
Mungkin kita sedang lupa
Tapi kita semua bersaudara, itu fakta

Gerakkan!
Tegakkan!
Selamatkan!
Karena menyerah bukan jawaban.

Thanks for reading!


Leave a Reply

