catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Yuk Makan Kambing!

on October 26, 2012

image

Pas idul adha seperti ini, masih ada nggak yang takut tensi atau kolesterolnya naik setelah makan daging kambing?
Daging kambing sebenarnya memiliki kandungan yang baik dan menyehatkan. Kadar lemak jenuhnya paling rendah dibanding daging sapi, atau daging ayam sekalipun (padahal saya sukanya makan ayam :(  ). Daging kambing termasuk daging merah yang banyak mengandung omega3, zat pelindung pembuluh darah dan jantung. Kalau banyak yang sakitnya kumat setelah makan kambing, mungkin… karena cara masaknya yang salah.

1. Dimasak gulai
Kandungan lemak dalam santan yang terdapat dalam gulai tak terlalu bersahabat untuk mereka dengan riwayat kolesterol tinggi. Apalagi setelah berkali-kali dipanaskan, lemak tak jenuh dalam santan akan berubah menjadi lemak jenuh. Kadar garamnya juga meningkat, menjadikannya perpaduan yang pas untuk meningkatkan tekanan darah.

2. Gajihnya ikut dikonsumsi
Jika makan kambing, makanlah dagingnya saja, buang gajihnya. Gajih yang berwarna putih inilah yang jadi biang keladi naiknya kadar kolesterol saat hari raya idul adha. Bukan dagingnya. Seperti lemak di bawah kulit kita yang sebaiknya dikurangi jika berlebihan, semacam itulah gajih ini.

3. Disate
Sate yang dibakar hingga gosong meningkatkan kadar karbon dalam makanan tersebut. Dan karbon memiliki sifat karsinogenik atau memicu kanker. Daripada disate, mungkin lebih sehat jika di-grill atau barbeque.

4. Moderasi
Walaupun cara masak dan makannya sudah benar, tapi kalau satu ekor kambing dihabiskan sendiri tentunya nggak baik juga. Tahu bataslah, jangan berlebihan😀

Banyak alternatif lain untuk memasak daging kambing. Dimasak sup atau sayur bening, ditumis untuk dijadikan isian kue samosa, nasi goreng kambing (yang lebih bagus dimasak dengan minyak zaitun), iga kambing panggang (grill atau bake, bukan roast. Kalau nggak salah sih. Soalnya saya bukan ahli masak :p Pokoknya yang nggak kena api langsung) dan lain-lain. Dengan cara masak yang benar, insyaAllah makan daging kambing tidak berbahaya, malah bermanfaat. Yuk makan kambing!

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: