catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Komitmen

on November 1, 2012

Terkadang, komitmen memang perlu diuji. Untuk membuktikan apakah kita akan menempel setia pada komitmen tersebut, pada kondisi sulit sekalipun. Komitmen bisnis, diuji dengan kerugian. Komitmen iman, diuji dengan cobaan. Komitmen menulis, diuji dengan writer’s block.

Dan yang sedang saya lakukan ini adalah upaya mendobrak block tersebut. Pagi ini saya terbangun dengan pikiran, “belum ada ide untuk posting blog hari ini!”. Memang, tidak ada yang memaksa saya untuk menulis setiap hari. Kecuali saya sendiri. Sebagai bagian dari komitmen saya mendisiplinkan diri, juga mematuhi jadwal posting yang telah saya buat.

Sekali lagi, ini semua hanya untuk diri saya sendiri. Mungkin juga karena kekeraskepalaan saya. Kadang pula timbul pertanyaan yang saya yakin datangnya dari si setan malas.

“Kenapa mempersulit diri sendiri, sih? Toh libur posting sehari, tidak ada satu pihak pun yang akan rugi.”

Sebenarnya, ada.

Jiwa saya yang lemah, itu korbannya. Karena jika saya menuruti pertanyaan di atas, sekalipun itu benar, maka saya telah memberi kemudahan pada diri sendiri. Membiarkan diri melanggar aturan yang dibuat. Memberi alasan untuk bertindak tidak disiplin. Padahal disiplin itu, saya butuhkan untuk menapaki tangga keberhasilan. Padahal disiplin itu, dengan kerja keras, adalah bagai dua sisi mata uang yang sulit dipisahkan.

Muncul lagi pemikiran lain. “Sekali-sekali kan nggak apa.”

Jadi ingat waktu dulu jaman sekolah, ada masanya saya ingin sekali bolos. Saya berpikir, kalau bolos sehariii saja, pasti enak. Pasti besok bisa semangat lagi untuk sekolah. Akhirnya boloslah saya dengan alasan pura-pura sakit. Apa yang terjadi? Esoknya malah saya semakin malas sekolah. Ingin nambah bolos sehari lagi dan lagi. Begitulah manusia. Sulit berhenti saat merasakan kenikmatan dunia.

Intinya saya ini nulis apa, saya juga nggak ngerti. Namanya juga lagi nggak ada ide. Kan komitmen saya lagi diuji. Udah gitu aja sih. Hehe.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: