catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Muhammad 2, Para Pengeja Hujan – Tasaro GK

on November 2, 2012

Novel ini adalah buku kedua dari seri novel biografi Rasulullah Muhammad, yang diberi judul Para Pengeja Hujan. Ceritanya masih berlanjut dari buku pertama, Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan, masih dengan dua kisah paralel. Kisah Rasulullah Muhammad di buku ini diceritakan memasuki fase akhir hayat beliau, dan masa kepemimpinan Khalifah pertama, Abu Bakar.

Islam sepeninggal Rasulullah berusaha memperluas jangkauan di luar tanah Arab. Dikisahkan pula angkatan perang Islam pimpinan Khalid ibn Al Walid memperoleh banyak kemenangan gemilang. Upaya pengumpulan dan penulisan Alquran juga sudah dimulai pada masa kekhalifahan Abu Bakar. Abu Bakar yang dikenal lembut dan mudah tersentuh hatinya ternyata sanggup memimpin dengan ketegasan yang tak kenal kompromi.

Cerita kedua juga masih berkisah tentang Kashva, penyair Persia yang melanjutkan perjalanannya mencari Sang Al Amin. Ia mengembara hingga ke negeri Tibet. Banjir memisahkannya dari Mashya dan Xerxes. Wanita yang dicintai Kashva, Astu, berhasil menyelamatkan diri dan memasuki Persia dengan identitas baru, untuk membalas dendam atas kematian orang-orang terdekatnya. Tokoh-tokoh baru dari kerajaan Persia ditambahkan, yang mungkin dimaksudkan penulis sebagai metafora kepemimpinan dunia saat ini yang rapuh, penuh dengan intrik dan ambisi perebutan kursi kekuasaan.

Saya rasa, kekuatan Tasaro GK adalah kalimatnya yang selalu puitis dan indah, menampakkan perbendaharaan katanya yang luas. Jika kalimatnya tidak cantik, mungkin sulit rasanya bertahan membaca hingga nyaris tujuh ratus halaman. Dibanding buku pertama, novel ini rasanya lebih padat meski jumlah halamannya lebih banyak. Ibaratnya, sebagai novel biografi, kalau buku pertama lebih banyak porsi novelnya, buku kedua ini lebih banyak porsi biografinya.

Sepertinya masih akan ada buku ketiga. Kalau saya tidak salah dengar, judulnya nanti mungkin Sang Pewaris Hujan. Masih ada kekhalifahan Umar ibn Khaththab sepeninggal Abu Bakar, dan masih berlanjut kisah Kashva yang ternyata menderita sakit (sakit apa? Baca sendiri ya😀 )

Buat pembaca yang ingin mendalami tokoh Rasulullah yang dicintai umat Islam tapi suka ngantuk kalau baca buku-buku agama (cc: diri sendiri🙂 ), menurut saya novel ini bisa jadi pilihan bacaan. Dengan mengenal dan membaca riwayat beliau, Sang Baginda Rasul, akan bertambahlah cinta dan rindu kepadanya.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: