catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Madura? Bebek Sinjay Dong!

on November 13, 2012

Saya sudah dua kali mengunjungi  Madura. Memang setelah jembatan Suramadu selesai dibangun, akses ke Pulau Garam menjadi jauh lebih mudah. Sekarang, jika ke Surabaya, kadang saya sempatkan juga jalan-jalan ke Madura. Dan satu tempat makan yang katanya tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Madura adalah Rumah Makan Bebek Sinjay. Letaknya di Jl. Raya Ketengan, Bangkalan, kira-kira tiga kilometer dari Suramadu. RM yang gosipnya sanggup menjual hingga 600 ekor bebek per hari ini (buset!) tak pernah sepi pembeli. Apalagi pada jam makan siang, waktu tunggunya saja bisa satu jam lebih.

Jangan berharap suasana yang dingin dan cozy dengan sofa empuk dan musik easy listening di sini. Karena tempatnya berbentuk seperti gudang luas dengan lantai tanah dan dinding yang dibangun separuh. Kita hanya bergantung pada kipas angin untuk mendinginkan hawa. Delapan kipas angin berjuang sekuat tenaga untuk mendinginkan ruangan berukuran kira-kira 20 x 30 meter. Tentu tidak memadai pada siang hari, di musim panas yang berkepanjangan, di Madura pula.

Tapi semua itu ternyata tidak menghalangi ribuan orang yang mengunjungi tempat ini setiap hari. Pengunjung datang silih berganti. Mereka rela, demi menikmati bebek goreng kremes nan empuk dengan sambal pencit (mangga muda) yang meledak di mulut dan nasi putih punel mengepul. Kalau penikmat tidak suka pedas, mungkin akan kurang bisa menikmati, karena meski tidak makan sambalnya, kremesnya pun ternyata digoreng dengan irisan cabe rawit! *kipas-kipas mulut*. Tapi jangan khawatir, daging bebeknya sendiri pun lezat.

Bayangkan anda sedang duduk di siang hari, di musim panas yang berkepanjangan, di Madura, menikmati bebek kremes pedas dengan sambal mercon di tengah ruangan yang hangatnya semacam sauna dan disesaki ratusan orang. Yes. It’s THAT hot.

Meski rasanya tidak mungkin tidak kepanasan di tempat ini, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengurangi ketidaknyamanan ini.

1. Datanglah sore hari sekitar jam tiga. Tapi jangan jam empat, karena warungnya akan tutup. RM Bebek Sinjay memang hanya buka hingga pukul empat sore untuk memberi kesempatan warung bebek lain berjualan di malam hari (monopoli memang kejam). Lagipula, kalau datang sorean, hawanya sudah tidak terlalu panas dan pengunjung sudah tidak terlalu ramai. Pelayanan jadi tidak terlalu lama.

2. Pesanlah banyak minuman. Pilihan minumannya tidak banyak sih, hanya teh botol, es jeruk, air mineral dan es kelapa muda. Tapi tak apa kan, daripada dehidrasi.

3. Bawa kipas sendiri. Jelas lah ya buat apa.

4. Pastikan baterai gadget anda penuh dan dapat digunakan untuk membunuh waktu sembari menunggu pesanan datang (kemarin saya menunggu kira-kira satu jam. Makannya lima belas menit saja). Atau anda bisa ngobrol dengan orang di meja sebelah yang juga sedang menunggu pesanan. Perasaan senasib sepenanggungan akan membuat hati sedikit tenang dan rasa bosan sedikit terusir. Alah.

O iya, di sini cara ordernya agak unik. Setelah pesan di antrean pemesanan dan bayar (yang saat makan siang antreannya bisa belasan meter), nota bukti pembayaran kita letakkan di atas meja kita. Karyawannya akan mengecek satu demi satu pesanan yang akan dilayani sesuai urutan nomor nota. Jadi jangan harap bisa menyerobot antrean. Minuman dibeli di bilik tersendiri, langsung bayar dan langsung bawa minumannya. Harga bebeknya 18.000 saja lho per porsi. Yuk mari.

Yang jelas, dengan segala kekurangnyamanan itu, saya nggak kapok kok ke sana lagi. Hehehe.

Thanks for reading!


2 responses to “Madura? Bebek Sinjay Dong!

  1. blossomind says:

    hmmm….jadi pengen nyobain! cuma syang ya jauh banget di Madura. semoga nanti buka cabang di Bandung!🙂

  2. Sayangnya di sana udah ditulis “tidak buka cabang ataupun delivery”.. Mudah2an pemiliknya berubah pikiran ya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: