catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Saat Kau Menghilang

on November 21, 2012

image

Seperti inikah rasanya kehilangan?

Aku mereka ulang sosokmu di kepala. Lekukmu yang lembut selalu menyelinap tepat dengan garis tubuhku yang kasar. Bau harummu yang khas tak pernah gagal mengaktifkan saraf-saraf penenang dalam tubuhku. Satu yang kusuka, aromamu tak pernah berubah melewati waktu. Kau sentiasa menyambutku saat lenganku terentang melingkarimu. Menawarkan hangat yang lama kurindu. Tiap malam, hanya pelukanmu yang sanggup menaklukkan gelisahku.

Saat kau menghilang, bukan main kalut otakku. Tak nyenyak lagi tidurku. Mimpi buruk mulai menyapa. Terbangun dan mendapati diri sendirian di ranjang, tanpamu, adalah situasi yang paling menyedihkan bagiku. Kau pergi tanpa sepatah kata, pun sinyal dan tanda-tanda. Tanpa sedikitpun pesan untuk ditinggalkan. Lantas, bagaimana aku harus melacak jejakmu?

Semua salahku. Salahku yang teledor menjagamu. Ketakbecusanku tak sebanding dengan kesetiaanmu terhadapku. Manusia macam apa aku ini? Sungguh memang aku tak berguna. Manusia seperti aku mungkin membuat malaikat pengawasku bertanya-tanya, untuk apa Tuhan masih memberi dia nyawa?

Tapi aku tak ingin memperpanjang ketakbergunaanku itu dengan tidak melakukan apa-apa. Aku sadar aku harus berbuat sesuatu. Maka aku tak mau membuang tempo melakukan perjalanan panjang dalam pencarianmu.

Aku akan mengawalinya dengan menanyai mereka yang mungkin mengetahui keberadaan terakhirmu. Para asisten rumah tangga kita. Pelayan, tukang kebun dan sopir. Pertanyaan pertama semoga dapat menyingkap misteri keberadaanmu.

“Eh, pada tau nggak gulingku di mana?”

Thanks for reading!


Leave a Reply

