catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Buku

on November 22, 2012

image

Ketika aku tidak menulis, aku merasa kehampaan merundungku perlahan.

Ketika aku tidak membaca, otakku serasa bebal dan mati rasa.

Aku adalah seorang pembosan. Aku bisa dengan cepat bosan dengan banyak hal kecuali satu. Buku. Buku telah menjadi duniaku. Bagiku, buku adalah sahabat setia yang suportif, buku adalah kekasih yang tak pernah berkhianat. Buku adalah guru yang banyak tahu, buku adalah pemegang kunci pintu cakrawala pikiranku. Buku adalah ibu yang menyayangiku dan membuatku nyaman, buku adalah ayah yang melindungiku agar aku terbebas dari ancaman. Buku adalah pelarianku, buku adalah jalan keluarku.

Aku bukan orang berada. Ralat, belum. Aku belum jadi orang berada. Kadang kala bujet untuk membeli buku harus dikalahkan oleh keperluan lain yang lebih mendesak, atau tak terduga. Dan harga buku tidaklah murah. Kadang dana untuk buku harus menunggu gaji bulan depan. Sedih rasanya ketika aku mengalaminya.

Pernah juga kudengar kisah orang-orang sukses yang di masa miskinnya, lebih rela menunda makan demi harus membeli buku. Ya, aku tahu rasanya. Bagi mereka, buku, dan ilmu di dalamnya, adalah kebutuhan primer. Buku adalah bahan bakar mereka untuk terus bergerak maju. Bahkan, pepatah bijak berkata, buku yang kaubaca hari ini, menentukan dirimu lima tahun mendatang.

Betapa sakralnya posisi sebuah buku. Betapa mahalnya harga sebongkah ilmu. Karena itu, betapa sia-sia jika manusia tak belajar mencintai buku.

Bahkan, Tuhan pun berbicara kepada manusia, melalui sebuah buku.

Thanks for reading!


Leave a Reply

