catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Percakapan Dua Orang Dokter Umum

on November 23, 2012

“Gue pengen sekolah spesialis nih Bro.”

“Emangnya ada duit?”

“Nggak ada.”

“Terus?”

“Gue mau cari beasiswa.”

“Tapi emang kalo dapet beasiswa, sekolah lo bakal gratis tis tis? Pengeluaran selama PPDS itu banyak banget lho, bukan cuma buat buku atau sarana pendukung lain, tapi juga, lo tau kan, ada keperluan ‘khusus’ demi kelangsungan dan kenyamanan lo selama sekolah. Bujet udah ada?”

“Nggak ada.”

“Mimpi di siang bolong tuh namanya. Di negara ini nilai segala sesuatu dituker sama nilai uang. Kalo nggak ada uang, ya abislah.”

“Memangnya nggak ada lagi ya yang menilai dari prestasi?”

“Halaaah.. Mau IPK lo lima juga, kalo nggak ada kepastian sumber dana, ya pasti ditolak lah. Surat pernyataan kepastian sumber dana itu termasuk syarat pendaftaran lho. Tanpa itu, secara administratif aja lo udah gak lolos.”

“Kenapa kok matre gitu, ya?”

“Yaaah, kan gue udah bilang, di negara ini semua dinilai pake uang!”

“Terus gimana dong biar gue bisa punya banyak uang?”

“Emak bapak lo juga kudu kaya. Kalo nggak, ya nabung, walaupun nggak tau kapan bisa kekumpul tuh duit. Atau, kalo lo udah nggak punya nurani, ya nyolong. Atau korupsi.”

“Ah, ogah ah kalo korupsi. Berat di akhiratnya, Bro.”

“Bagus lo masih mentingin akhirat. Mending lo nabung, buat umrah deh. Kalo haji nunggunya yang kelamaan. Tiap ada duit, sedekahin. Banyak bantuin anak yatim.”

“Kapan kekumpulnya kalo gitu?”

“Elo tabung semua duit lo juga belum tentu kekumpul kan?”

“Tapi kalo gue sedekahin, jadi makin lama dong kekumpulnya?”

“Itu kan menurut elo. Menurut Allah bisa jadi lain. Kalo kata ustadz nih, kalo lo ngejar dunia, lo bakal dapet dunia. Tapi kalo lo ngejar akhirat, lo bakal dapet akhirat dan dunia!”

“Maksudnya, kalo gue rajin sedekah, gue bakal bisa sekolah gitu?”

“Gini, Bro. Buat Allah tuh segalanya mungkin. Termasuk ngasi lo dana buat sekolah. Jadi lo kudu ngedeketin Allah tuh, nyenengin Allah, biar permintaan lo gampang dikabulin sama Allah.”

“Berarti sedekahnya gak ikhlas dong!”

“Sedekahnya tetep kudu ikhlas, tapi lo boleh berdoa sama Allah. Lo boleh minta apa aja ama Allah. Karena semua di dunia ini tuh, Allah yang punya. Allah itu seneng sama hambaNya yang mendekatiNya, lewat ibadah, lewat shalat, umrah, sedekah. Nah, kalo Allah udah seneng, masa iya permintaan lo nggak dikabulin?”

“Ooo.. Gitu ya?”

“Iya. Asal, selama doa lo belum dikabulin, lo tetep sabar.. Jangan menggugat, jangan bilang, saya udah ibadah kok belum dikabulin ya Allah? Sabaaar aja, sambil ibadahnye terus dikencengin.”

“Kalo gitu gue ngedekem di masjid aja ya Bro, berdoaaa terus, shalaaat terus biar cepet dikabulin gitu?”

“Ya kagak! Kewajiban lo itu ikhtiar, semaksimal mungkin. Ibadah itu juga bagian dari ikhtiar. Jadi keduanye kudu seimbang. Kudu dipolin dua-duanya.”

“Jadi gue kudu terus jadi dokter umum nih? Sampe gak tau kapan? Lo kan tau gaji dokter umum seberapa.”

“Lo inget nggak, ada dokter spesialis di daerah yang gajinya cuman dua juta. Maksud gue, dokter tuh bukan pedagang. Spesialis pun, belum tentu kaya. Lurusin lagi niat lo waktu masuk kedokteran. Kalo lo udah niat mau nolong, jadi dokter umum pun nggak masalah. Lo tetep bisa membantu sesama. Sebenernya, itu yang penting, kan?”

“Iya juga sih. Walaupun sistem kesehatan kita ancur, kitanya kudu tetep baik, ya? Moga-moga dengan begitu, sistemnya bisa jadi baik juga.”

“Sip!”

***

PPDS: Program Pendidikan Dokter Spesialis

Malang, November 2012, menulis untuk mengingatkan diri sendiri🙂

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: