catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Durhakakah Aku?

on November 30, 2012

Ibu?

Durhakakah aku?

Jika aku tak sanggup mencintaimu  dengan jiwaku?

Durhakakah aku?

Bila kata-kata dan sikap kasar yang kaujadikan dalih untuk mendidikku, menjelma ribuan paku yang menancap lekat di hatiku?

Dan luka dari paku-paku itu, menyebabkan nyeri yang tetap menyiksaku, bahkan setelah tahun-tahun berlalu?

Durhakakah aku?

Kalau kini setelah dewasa pun, aku tetap tak bisa melupakan rasa sakit itu?

Dan membuatku lebih nyaman menjaga jarak denganmu?

Ibu?

Durhakakah aku?

Andai ada rasa segan bagiku, harus mengembalikan biaya yang kaukeluarkan untuk membiarkanku hidup, padahal aku tak mengharap, bahkan menyesal jika itu boleh, dilahirkan lewat rahimmu?

Durhakakah aku?

Bila rasa sakit yang dulu pernah kautoreh, selalu menjadi penghalang bagiku untuk memelukmu?

Durhakakah aku?

Jika sabdamu akulah aib keluarga, bukan anak yang mulia seperti kakak-kakakku?

Ibu?

Durhakakah aku?

Saat di masa renta kau meminta, “Kemarilah, anakku, bantulah aku..” Dan aku menjawab, “Kemana kau saat aku butuh ibu?”?

Durhakakah aku?

Jikalau setiap trauma masa kecilku, meninggalkan jejak yang mengabadi dalam alam bawah sadarku?

Durhakakah aku?

Kalau tiap langkahku menujumu masih terkekang oleh jerat bayang-bayang masa lalu?

Ibu

Aku bukan seorang pemaaf

Karena kau tak pernah mengajariku.

Hajar! Bukan ajar..

Pukul! Cubit! Teriak! Caci!

Itu saja yang kupelajari darimu.

Durhakakah aku?

atau

Durhakakah kau, Ibu?

***

Malang, end of November. Say “No!” to domestic violence.

Thanks for reading!


Leave a Reply

