catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Bunker

on December 18, 2012

Konglomerat itu sedang berbicara pada seorang koleganya.

“Kau percaya kiamat?”

Koleganya menjawab, “Ya, aku percaya.”

“Kau percaya kiamat akan terjadi tanggal dua puluh satu esok?”

“Kalau itu aku tidak percaya. Menurutku, pada tanggal itu penanggalan suku Maya hanya berakhir, tapi bukan kiamat.”

“Lalu menurutmu, kapan datangnya kiamat?”

“Aku tidak tahu. Tidak ada seorang pun yang tahu.”

“Tapi kita bisa menghindarinya.”

Koleganya tertawa.

“Tidak mungkin, Kawan. Tak ada seorang pun yang bisa menghindari bila itu terjadi.”

“Mengapa tidak? Dunia ini tidak boleh berakhir. Terlalu indah. Untuk apa Tuhan memberi kita dunia yang indah jika hanya untuk dihancurkan?”

“Hmm,” koleganya menggumam, “kurasa itu misteri Tuhan.”

“Omong-omong, aku sudah mempersiapkan diri menghadapi kiamat.”

“Dengan?”

“Kubangun bunker puluhan meter di bawah tanah. Ukurannya seluas lapangan bola. Interiornya biasa saja, tidak mewah seperti griya tawangku, tapi harus nyaman ditinggali. Sudah kuisi dengan pasokan makanan yang cukup untuk bertahun-tahun. Kuhabiskan miliaran rupiah hanya untuk membangun dindingnya. Dindingnya terbuat dari baja berlapis yang sudah terbukti tahan terhadap gempa hingga dua belas skala Richter sekalipun. Dinding ini adalah hasil teknologi tercanggih saat ini. Ia bisa kuat melindungi, sekaligus berpori halus seperti spons untuk mengalirkan oksigen dari luar. Saat kiamat tiba, aku akan bersembunyi dengan aman dalam bunkerku. Dan aku akan tetap hidup. Aku harus tetap hidup, demi berjalannya bisnisku.” Konglomerat itu terkekeh.

Sang kolega membuang napas dalam. Mungkin benar kata orang, berhati-hatilah dengan kekayaan, karena ia bisa saja menghilangkan separuh kewarasan.

Thanks for reading!


Leave a Reply

