catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

The Timekeeper – Mitch Albom

on December 22, 2012

Pernahkah kita, manusia, menginginkan diberi waktu lebih banyak?

Fabel fiktif ini berkisah tentang Dor, lelaki yang pertama kali menemukan sistem perhitungan waktu. Ternyata hal itu dianggap sebagai kutukan, sebab sejak saat itu manusia menjadi terikat dengan waktu. Semakin manusia mengetahui waktu, semakin banyak yang mengeluh waktunya terlalu sedikit, atau malah ingin mempercepatnya.

“Hanya manusia yang mengukur waktu. Hanya manusia yang menghitung jam. Itu sebabnya hanya manusia yang mengalami ketakutan hebat yang tidak dirasakan makhluk-makhluk lainnya. Takut kehabisan waktu.”

Oleh Tuhan Dor dihukum karena mencoba mengukur anugerah terbesar dariNya, ia diasingkan ke dalam gua selama berabad-abad dan dipaksa mendengarkan suara orang-orang yang meminta diberi lebih banyak waktu. Lalu ia diturunkan ke dunia untuk menebus kesalahannya, dengan mengajarkan dua anak manusia makna waktu yang sesungguhnya.

“Ada sebabnya mengapa Tuhan membatasi hari-hari kita.”
“Mengapa?”
“Supaya hari-hari itu berharga.”

Moral dari kisah ini memang sangat kuat. Tentang makna waktu.Saat kita mulai menghitung, maka kita tidak lagi menjalaninya. Karena terkadang, harta terbesar manusia justru tidak dapat diukur, tidak dapat dihitung. Menghitungnya hanya akan membuat kita lupa mensyukurinya. Membuat kita tidak puas, ingin lebih dan lebih lagi. Padahal kita tahu, yang lebih itu pun, juga tidak akan memuaskan kita.

Waktu adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada makhlukNya. Kita tak pernah memiliki waktu, kita hanya menjalaninya. Maka, jalani sebaik-baiknya, hingga kita tak sempat lagi mengeluh tentangnya.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: