catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Pantai Kondang Merak

on December 29, 2012

Jadi tanggal 27 kemarin, saya berkesempatan menghabiskan libur di pantai bersama keluarga besar. Kami pergi ke pantai Kondang Merak naik bis. Pantai Kondang Merak berada di daerah Malang Selatan, yah nggak jauh-jauhlah dari Pantai Balekambang. Hanya saja medannya berbeda jauh. Kalau Pantai Balekambang sudah full beraspal sampai tepian pantai, akses menuju Pantai Kondang Merak masih berupa jalan setapak menembus hutan.

Kami berangkat jam tujuh. Durasi perjalanan kira-kira tiga jam. Saat berangkat hujan sempat turun cukup deras, menjadikan jalanan tanah yang kami lewati dihiasi lumpur kecoklatan. Jalan bebatuan yang tak rata, banyak “jeglongan” di sana-sini, tanjakan dan turunan, membuat seisi bis senantiasa bershalawat memohon keselamatan dan kelancaran. Beruntung kami dikaruniai supir bis yang sangat berpengalaman dan tenang, dan menguasai medan dengan amat baik.

Sampai di Kondang Merak, kami disuguhi pemandangan yang indah dan asli. Dan berhubung kami mengunjungi pantai di hari kerja, pantai sangat sepi. Sejauh mata memandang yann tampak hanya rombongan kami saja. Serasa punya private beach..🙂

Yang pake kaos garis-garis itu papa saya

Meskipun perjalanan berangkat, juga pulang, mendung dan hujan akrab dengan kami, tapi saat di pantai, Alhamdulillah matahari cerah dan terik. Bagus untuk yang mau berjemur. Biar tambah gosong😀

Pantai Kondang Merak masih sangat sepi. Tidak banyak penjual makanan ataupun suvenir. Kamar mandi hanya satu, itu pun kondisinya di bawah garis kelayakan. Tapi Kondang Merak sungguh cocok dikunjungi bagi mereka yang mendamba ketenangan di luar hiruk pikuk tempat wisata.

Saran saya, kalau mau berjalan romantis menyusuri pantai, pakai alas kaki ya. Soalnya pasirnya dipenuhi patahan karang-karang kecil. Kalau diinjak, yah, sensasinya mirip pijat refleksi lah.😀

Foto rame-rame dulu sebelum pulang

Pulangnya, kami singgah sebentar di Pantai Balekambang. Kalau wisata di Balekambang ini sudah lebih tereksplor. Terbukti sudah banyak disediakan penginapan, kios oleh-oleh, toilet dan kamar mandi juga berjajar sepanjang tepi pantai. Ada wahana flying fox juga, dengan ongkos 20.000 rupiah. Juga Pura Ismoyo di atas karang.

Pura Ismoyo di bawah awan kelabu tebal

Hujan mulai turun (lagi), kami pun pulang. Tapi sebelum pulang, isi perut dulu di Rumah Makan Bojana Puri Kepanjen. Tapi nggak sempat foto-foto🙂