catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Ijin Jalan-jalan

on January 3, 2013

Tadi pagi, saya sempat berdiskusi, alias ngobrol ngalor ngidul dengan perawat saya tentang rencana di bulan depan. Saya mengatakan bahwa bulan depan saya insyaAllah akan menghadiri sebuah acara keluarga di kota Medan. Sehingga saya minta ijin off selama tujuh hari di bulan Februari esok. Acara intinya sih tiga hari, empat harinya untuk jalan-jalan. Hihi.

Lalu perawat saya nyeletuk,

“Ah dokter ini, jalan-jalan terus!”

Saya tertawa, lalu menjawab,

“Kan mumpung, Bu, mumpung ada duit, dan diijinin, dan masih single, belum ada tanggungan.”

Saya lalu menceritakan sepupu saya yang tidak ikut karena memiliki dua putra dan putri yang masih kecil-kecil. Juga kakak saya yang batal ikut karena belakangan ketahuan hamil.

Entahlah. Mungkin seharusnya memang saya menunda kebanyakan jalan-jalan. Masa muda harus diisi dengan kerja keras, begitu kata orang. Masa muda waktunya menanam benih, merawatnya dengan tekun, meski hasilnya belum nampak. Kalau liburan terus, kapan bebas finansialnya?

Dalam hati saya langsung membela diri.

Harta sebanyak apapun juga tidak akan dibawa mati. Okelah, saya memang perlu menabung dan berinvestasi, tapi capek juga kan kalau harus kerja terus. Otak juga perlu refreshing. Lagian, niat saya kan mau silaturrahim, yang katanya bisa memperpanjang umur dan memperluas rezeki, jadi mudah-mudahan ongkos yang saya keluarkan jadi barakah. Pula, sebagai single, kayaknya saya harus menikmati free time saya semaksimal mungkin. Bukannya tidak menyenangkan bila bepergian bersama suami dan anak. Tapi yang pasti lebih repot, dan mumpung itu belum terjadi, saya ingin menikmati “ketidakrepotan” saya selagi bisa. Kalau nunggu tua, setelah masa kerja keras usai, ah, belum tentu umur saya sampai. Kalaupun sampai, belum tentu fisik saya masih kuat.

Begitulah.

Thanks for reading!


Leave a Reply

