catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Ayah Hebat

on January 10, 2013

Pagi ini saya terpaksa menelepon Papa dari rumah sakit karena Ciciu, mobil saya (iya, mobil saya punya nama), kumat lagi penyakitnya. Saya paling tidak bisa meng-handle penyakitnya Ciciu yang kalau-dilepas-gasnya-mesin-mati itu. Harus Papa yang menjinakkannya. Papa terpaksa harus ke rumah sakit naik angkot, di bawah gerimis pagi-pagi. Dan, ajaibnya, Ciciu memang langsung “sembuh” setelah dipegang Papa.

Salah seorang pasien anak di rumah sakit rewel sejak tadi malam. Mungkin anak ini bosan terus-menerus dikungkung dinding rumah sakit, belum bisa terbebas dari infus. Maka ayahnya membelikannya sebuah balon berbentuk ikan, menggendongnya mondar-mandir halaman rumah sakit sambil menyeret tiang infus, dan menyanyikan reffrain “Naik-naik ke Puncak Gunung” (judulnya ini, bukan, ya?) berulang-ulang dengan suara sumbang. Kenapa hanya reffrain-nya, saya tidak tahu. Mungkin sang ayah tidak hapal keseluruhan lagunya. Tapi tetap ia menyanyi, sebisa yang mampu ia lakukan.

Masih banyak ayah hebat di dunia ini.

Ayah yang selalu ada, kapanpun anaknya membutuhkan.

Ayah yang berusaha jadi sempurna di tengah semua ketidaksempurnaan, demi kebahagiaan anaknya.

Apa yang dilakukan ayah hebat mungkin tidak spesial. Bukan menyelamatkan dunia dari bom nuklir atau menemukan obat pemusnah kanker atau semacamnya. Ayah hebat hanya melakukan tindakan yang tepat, di waktu yang tepat, untuk anak-anaknya.

Masih banyak ayah hebat di dunia ini, dan saya sungguh beruntung memiliki satu di antaranya.

Duh, kalau menulis tentang ayah, tenggorokan saya selalu tercekat..

Thanks for reading!


2 responses to “Ayah Hebat

  1. Azizah says:

    Ayah adalah urat nadi keluargaku…profil ayah teladan bagiku aku ingin slalu dinasehati oleh beliau.

Leave a Reply

