catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Trip to Medan: Danau Toba (2)

on February 22, 2013

Setelah main dan belanja oleh-oleh di desa Ambarita, kami naik kapal lagi untuk melanjutkan perjalanan ke desa Tomok. Oh iya, dari Parapat menuju Ambarita perjalanan memakan waktu satu jam, begitu pula dari Ambarita menuju Tomok.

Desa Tomok.. Mmm, jujur, sampai di sini saya udah nggak perhatiin guide lagi. Dan (lupa) nggak foto-foto lagi. Saya malah sibuk berburu tas ulos buat saya sendiri. Hehehe maafkan..

Sedikit aja yang bisa saya bagi. Di desa Tomok terdapat semacam tugu orang Batak. Tugu itu memiliki lima sisi, masing-masing sisi dihiasi relief manusia dalam pakaian adat masing-masing suku Batak. Batak terbagi dalam lima suku, yaitu Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Mandailing, daaan… Satunya lagi saya lupa. Ampuunn.. *nenggak ekstrak ginkgo biloba*

Kalau seperti yang diceritakan keponakan yang mengikuti penjelasan guide, di desa Tomok terdapat boneka adat Batak yang terbuat dari kayu dan berbentuk seperti manusia yang bisa digerakkan dengan tali. Jika boneka itu bergerak, kesannya seperti mistis, diisi roh halus, atau apalah, tapi sebenarnya boneka itu dikendalikan dengan tali dari jarakjauh. Semacam robot tradisional lah. Ada ritualnya juga, menari tortor bersama boneka ini, beberapa orang mengenakan ulos membentuk lingkaran lalu berjalan memutar. Maknanya apa saya kurang tahu.

Souvenir di sini dijual lebih mahal daripada di Ambarita. Mungkin karena Tomok lebih ramai dikunjungi wisatawan. Penjualnya jadi agak jual mahal gitu deh. Tapi barangnya rata-rata hampir sama. Jadi kalau mau menawar harga, lebih ngotot lah🙂

Post selanjutnya, tentang makanan dan oleh-oleh khas Medan. Cuss!

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: