catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Trip to Medan: Kuliner

on February 22, 2013

Kuliner Medan sangat kental dengan lemak dan kolesterol. Jadi kalau ke Medan, dan punya riwayat kolesterol tinggi, ya siap-siap aja bawa Lipitor. Tapi lebih baik lagi, terapin prinsip moderasi lah. Jangan serakah, meskipun makanan itu sangat menggoda selera🙂

1. Bika ambon
Kayaknya sih ini wajib disebutin ya. Sudah sedari dulu kala sampai sekarang, bika Ambon itulah khas Medan. Bukan main banyaknya merk yang dijual, tapi kata tante saya yang lama di Medan, bika Ambon yang merk Kiko yang paling enak. Tapi buat saya sih sama aja. Empuk empuk manis berminyak gitu. Enak deh. Harganya sekitar IDR 40000 per kotak.

2. Bolu gulung Meranti
Ini nih yang belakangan jadi primadona. Bolu gulung dengan muacam-macam varian rasa. Ada rasa keju, cokelat, moka, nanas, strawberry, blueberry dan abon. Bisa pilih dengan atau tanpa taburan meses atau keju parut. Harga IDR 45000 untuk bolu tanpa taburan dan IDR 55000 untuk bolu dengan taburan.

3. Mie Aceh Titi Bobrok
Mie Aceh ini bentuknya gendut, mirip cacing. Katanya Titi Bobrok itu yang paling enak seantero Medan. Rasa originalnya pedas, tapi bisa pesan yang nggak pedas. Rasa pedasnya memang mendominasi, tapi selain itu bumbunya buat saya kurang nendang. Masih lebih mantap mie Jawa dengan rasa bawang dan kemiri yang kuat sekali.

4. Risol Gogo
Yummy! Enaaaak banget risol Gogo ini. Kita pasti pernah makan risol, tapi risol ini beda banget. Isinya kaya, ada daging ayam, wortel, kentang, kacang polong. Gurihnya pas gitu. Pokoknya enak lah. Harganya lumayan terjangkau, hanya IDR 20000 per 10 biji.

5. Pancake durian
Nggak tahu kenapa yang ini dinamain pancake. Setahu saya pancake itu berbentuk kue bulat gepeng yang dsajikan dengan vla. Tapi kalau yang ini bentuknya menyerupai buah durian asli, cuma udah nggak ada bijinya. Kayaknya sih adonannya tepung yang dicampur daging durian. Enak sih, duriannya kerasa, tapi kalau rasa yang didapat cuma durian, ya mending makan durian aja langsung. Harganya IDR 80000 per 10 biji. Mahal sih, buatku, soalnya rasanya gitu doang.

6. Sus durian
Kalau yang ini enaaak. Isinya lembuuuut banget. Susnya imut-imut, isinya banyak.

7. Durian Ucok
Rumour has it, durian Ucok ini terkenal banget di Medan karena katanya durian yang dijual Pak Ucok pasti enak. Bisa dikupas dan dimakan di tempat, bisa dibawa pulang pake wadah styrofoam. Tapi hati-hati, jangan makan durian malem-malem apalagi pas perut kosong, ntar diare. Kayak saya. Hiks.

8. Manisan jambu
Kalau beli manisan jambu, kan biasanya ada air manisannya tuh. Nah, pilih yang airnya agak pucat ya. Soalnya ada juga yang airnya warna hijau mencolok gitu, jangan-jangan dipakein pewarna. Serem kan? Rasanya asam, sambalnya paduan gula merah sama cabe, pedes manis gimana gitu. Enak.

9. Roti selai srikaya
Kalau ini adanya di Siantar. Urban legend bilang, kalo beli roti ini harus ngantri sampe berkilometer-kilometer. Tapi memang yummy sih. Rotinya berbentuk kayak roti tawar gitu, lembut, berasa susu banget. Selai srikayanya juga enak, biasanya dijual dalam kemasan gelas air mineral gitu.

10. Kolak durian
Durian lagi! Waduh, kolak durian ini benar-benar makanan “jahat”. Full gula dan lemak. Kuah santannya berisi durian (ya iyalah), potongan buah pisang, ketan, pipilan jagung, dan sagu mutiara. Kuahnya kental dan manis sekali. Kalau makan kolak durian ini, saya merasakan yang namanya guilty pleasure. Lezatnya sampai bikin merasa bersalah. Ceilah.

Yak. Itulah makanan yang sempat saya nikmati saat berada di Medan. Enak-enak semuanya, apalagi kalau gratis. Hehehe.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: