catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Theodore Boone: The Accused – John Grisham

on March 6, 2013

Theodore Boone, sang pengacara cilik, kini berubah menjadi tersangka kasus pencurian. Ya, ternyata ada pihak yang ingin mencelakakannya dan membalas dendam padanya. Theo bukan anak yang memiliki banyak musuh, maka dari itu tuduhan ini menjadi sangat merepotkan. Theo sama sekali tidak tahu ada pihak yang tidak menyukainya. Belum lagi bukti-bukti dirancang sangat menguatkan ketertuduhan itu, yang membuat polisi seakan ingin segera menjebloskan Theo ke penjara.

Tapi, tenang saja, kebenaran akan selalu menang. Meski terkadang, untuk mencapai kebenaran itu diperlukan fleksibilitas yang tinggi. Melanggar peraturan mungkin diperbolehkan jika dalam kondisi darurat. Dengan bantuan Ike, pamannya yang eksentrik, Theo berhasil mengungkap dalang di balik pencurian itu.

Dibanding novel sebelumnya, novel ini terasa lebih menegangkan. Meski alurnya sederhana dan tidak rumit, khas novel remaja, tapi menyenangkan untuk diikuti. Salah satu pesan moral yang bisa diambil dari novel ini adalah, jika kau ditindas, jangan diam. Bangun dan lawanlah. Jika kau benar, maka tunjukkan. Kadang sikap itu lebih bijaksana dan menjanjikan hasil yang lebih baik daripada bersikap pasrah dan menyerahkan semuanya kepada sistem. Berjuang untuk kepentingan diri sendiri itu perlu.

Bacaan ringan yang cocok untuk dijadikan hiburan di kala senggang.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: