catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Basa-basi

on March 28, 2013

Apakah basa-basi itu penting?

Jika iya, kenapa?

Saya bukan tipe orang yang doyan berbasa-basi. Saya nggak tau di mana bagusnya orang yang suka bertanya-tanya meski tidak sepenuhnya ingin tahu jawabannya. Kalau saya, saya hanya bertanya jika saya benar-benar ingin tahu, dan jawabannya hanya bisa didapat dengan bertanya.

Memang, sikap saya yang tak mampu berbasa-basi dengan baik dan benar menimbulkan ekses negatif dalam kehidupan sosial saya. Karena saya tidak banyak bertanya ini itu, kebanyakan orang akan langsung mengira saya sombong, menyeramkan dan tidak ramah. Pemikiran berikutnya yang mengikuti adalah “orang kayak gini gak mungkin asik diajak gaul.” Ugh.

Saya dulu tidak menyangka bahwa ternyata basa-basi punya peran sebesar itu. Masa sih, orang-orang semudah itu menghakimi? Nggak lah, pasti cuma sebagian kecil saja yang begitu. Sebagian besar lainnya pasti lebih bijak bersikap.

Ternyata, saya salah.

Ternyata, memberi penilaian telah menjadi kebiasaan hampir semua orang. Tak pernah terlalu awal untuk menilai. Kita selalu bisa menilai, dan tak ada yang melarang. Anyway, itu hak kita sebagai manusia, sama seperti kita juga sering dinilai dan dihakimi.

Pertanyaannya, apakah sesuatu yang lazim dilakukan banyak orang, lantas bisa diklaim sebagai kebenaran?

Entahlah. Jujur saya bingung. Sama bingungnya saya dalam menjawab pertanyaan saya sendiri, kenapa manusia harus berbasa-basi?

Sebelum tulisan ini menjadi semakin pointless dan tak jelas ke mana arahnya, lebih baik saya cukupkan sampai di sini. Mungkin masih tersisa banyak tanda tanya. Tidak apa, bertanya itu menandakan bahwa proses berpikir kita masih baik adanya. Imajinasi saya juga masih berfungsi sehingga saya bisa mengkhayalkan bahwa suatu hari nanti, tidak ada lagi basa-basi yang basi. Yang ada hanyalah ketulusan yang murni.

Thanks for reading!


Leave a Reply

