catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Saat Patah Hati

on April 15, 2013

Patah hati adalah bagian yang tidak mengenakkan dalam hidup, tapi harus dilalui sebagai bagian dari perjuangan mencari cinta sejati. Semua orang yang patah hati pasti tau rasanya, sangat tidak asyik, seolah hati dan perasaan dicabik-cabik dari dalam. Tsaah. Baik dia sebagai pihak yang ditinggalkan ataupun yang meninggalkan, pasti ada lah sensasi semacam ini, sesedikitpun itu. Pahit-pahit gimana gitu.

Dan sebagai manusia yang dibekali mekanisme pertahanan diri, kita semua punya cara sendiri tatkala patah hati. Tapi ada beberapa cara yang hampir serupa, yang dilakukan oleh nyaris begitu banyak orang demi melewati proses ini.

1. Berubah menjadi religius
Tiba-tiba menjadi rajin update status atau ngetweet berbau religi nan bijaksana semacam “Semua akan indah pada waktuNya”, “Tuhan tahu yang terbaik bagi hambaNya”, “Aku tahu Tuhan sedang siapkan yang lebih baik untukku” lengkap dengan emoticon senyum. Mendadak sering membagi status dari fanpage para ustadz dan motivator ternama. Kalau kebetulan pas betul dengan yang dialami, sering juga ditambahkan caption “Nah!” atau “Ini nih!” atau malah “Buat seseorang yang sudah menyakiti hatiku, baca nih!”. Hehehe.

2. Playlist langsung penuh dengan lagu-lagu galau
Seolah lagu-lagu itu diciptakan khusus untuk dirinya. Lagunya aku banget, begitulah katanya. Diputar berulang kali tanpa bosan, tak peduli meski setelah mendengar lagu itu dia malah makin mewek. Kalau kebetulan pas lagi karaokean bareng temen, pasti milihnya juga lagu-lagu semacam ini. Terus nyanyi dengan sepenuh hati, terus nangis. Karaokean jadi nggak asyik lagi kalau bareng orang semacam ini.

3. Mendadak gila kerja
Yah maksudnya biar cepet lupa. Dia jadi fokus sekali bekerja. Pekerjaan yang dulu dibiarkan numpuk semeter dulu baru dikerjain, sekarang nggak akan dibiarkan numpuk walau sesenti. Mendadak tidak ingin libur, malah kalau perlu menggantikan kerjaan temannya supaya bisa bekerja saat seharusnya libur (kalau yang ini pengalaman pribadi, hehehe). Pertanyaannya, kenapa nunggu patah hati dulu baru bagus kerjanya, sih? Ck.

4. Bangun tidur dengan mata sembab
Karena nangis semalaman. Malam hari sebelum tidur memang masa paling rawan. Udah capek ngerjain kerjaan seharian, tapi belum bisa tidur. Terus keinget, biasanya jam segini dia telepon aku. Atau sms sekedar ngucapin met bobo, mimpiin aku ya. Sekarang semua itu tak ada lagi. Ada yang hilang rasanya. Mencelos deh. Galau deh. Terus nangis deh. Nangis aja terus sampai capek sendiri dan ketiduran. Ketiduran dengan galau. Hihihi.

5. Mendadak lebih ceria dari biasanya
Bentuknya macam-macam sih. Bisa mendadak ramah pada semua orang, padahal sebelumnya nggak. Terutama kepada yang sekiranya punya prospek untuk dijadikan pasangan. Bisa mendadak sibuk ngajak teman-temannya hangout, bilang kangen sama kalian, padahal sebelumnya dicuekin karena asyik sendiri berduaan. Bisa juga tiba-tiba menjelma jadi traveller sejati, ke sana ke mari, menjelajah dunia seorang diri, mencoba berbagai hal baru dengan gagah berani, padahal sebelumnya mau ke kamar mandi malem-malem aja minta dianterin. Hehehe. Seolah ingin menunjukkan bahwa menjadi single bukanlah batasan baginya. Menjadi single malah membuatnya bahagia. Membuatnya menyadari keagungan alam ciptaan Tuhan. Menyadari betulan atau cuma bagian dari mekanisme pertahanan diri, entahlah. Pertanyaannya, sekali lagi, kenapa harus nunggu single dulu baru bisa menyadari kalau dunia ciptaan Tuhan ini indah, sih?

Masih banyak sih lainnya. Tapi lima aja dulu deh. Biar gak bosen bacanya. Hehehe.

Jadi, yang saya sebutin di atas, betul atau betul? Hehe. Yah, patah hati memang nggak enak, dan mau berapa kalipun patah hati, melaluinya tidak akan jadi lebih mudah. Nggak apa-apa. Yang penting kita punya pemahaman, kenapa proses itu baik untuk kita. Jadi, gimanapun cara melewatinya, tetap semangat dan berpemahaman baik, ya? *elus jenggot*😀

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: