catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Rapuhnya Hati Perempuan

on May 9, 2013

Perempuan seringkali hanya mengandalkan hati dalam berpikir dan bertindak. Bukan karena perempuan tak punya otak, tapi karena sang hatilah yang jadi nakhoda utama dalam pelayaran biduk hidup seorang perempuan. Jadi hati yang amat berharga ini, harus dijaga sebaik mungkin. Perempuan punya hati yang rapuh, maka jangan mudah menjatuhkan hati.

Itu teori.

Praktiknya, sungguh tidak semudah itu. Jatuh hati bisa terasa begitu memabukkan, hingga perempuan lupa atas risiko jatuh hati yang paling besar: hatinya bisa patah, jika hati itu jatuh pada lelaki yang tak pandai menjaga hati. Pula, perempuan itu tak bisa menyalahkan si lelaki karena harapan yang telah telanjur tersemai. Hei, siapa yang suruh kalian punya hati begitu lemah, perempuan? Siapa yang suruh kalian begitu mudah menyalahartikan lelaki yang bisa saja hanya berbual, perempuan?

Sekarang, mau salahkan siapa jika lelaki itu mendadak minggat tanpa pesan, apalagi jika tak pernah ada komitmen sebelumnya. Mau salahkan dia? Dia mungkin sudah melanglang buana, bertualang menebar pesona entah ke berapa perempuan lain, sama sekali tak merasa jika sedang disalahkan. Mau salahkan Tuhan? Hei, apa pula ini Tuhan dibawa-bawa. Bukankah aturan yang ditetapkan Tuhan sudah seterang matahari? Kita saja yang masih suka mencuri langgar.

Sudah. Memang tak ada yang perlu disalahkan. Introspeksi saja, mengapa Tuhan membiarkan hati kita yang rapuh itu jatuh di tempat yang salah hingga remuk berkeping-keping. Mengapa Tuhan sampai membiarkan itu terjadi? Mungkinkah Tuhan sedang menyuruh kita belajar? Belajar kesabaran mungkin, atau sikap hati-hati. Atau mungkin, Tuhan sedang kangen pada kita dan ingin kita lebih sering mengingatNya, daripada mengingati lelaki yang telah mematahkan hati kita.

Bukankah memang Dialah, yang paling patut untuk diingat, melebihi semua makhluk?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: