catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Perjuangan Kami

on November 27, 2013

Dua puluh tujuh November 2013. Hari ini, dokter Indonesia melancarkan aksi solidaritas yang berwujud gerakan Satu Hari Tanpa Dokter. Gerakan yang akhirnya muncul sebagai ekspresi kegerahan dan kenelangsaan kami atas buruknya perlakuan terhadap dokter di negeri ini. Kasus dr. Ayu hanyalah seujung bongkah gunung es dari kacaunya sistem hukum dan media yang sepertinya tak lagi punya batasan dalam bekerja.

Dikirim ke pelosok terpencil, bertahun mengabdi dengan segala keterbatasan sarana dan infrastruktur, digaji rendah dan dibayarkan tiap tiga bulan, dengan risiko mempertaruhkan nyawa, kami bertahan.

Bertahun menjalani malam-malam tanpa tidur, terlambat makan, kurang istirahat, demi keselamatan satu orang pasien, kami bersabar.

Entah sudah berapa pasien yang kami gratiskan pengobatannya, di saat tak ada surat jaminan kesehatan yang bersuara, pun kamera yang menyala, kami ikhlas.

Karena inilah pengabdian kami..

Maka di saat ada pihak yang memandang upaya kami berpacu dengan waktu, dan malaikat Izrail, dalam menyelamatkan nyawa pasien kami sebagai tindak kriminal,

sungguh,

di saat itulah kami terluka.
Kami berduka.

Tuhan, begini beratkah jalan terjal kami sebagai dokter? Kami sadari betul peluang besar kami untuk mencapai surgaMu, lewat pasien yang dengan ridhaMu berhasil kami tolong.
Jika memang tak mudah meniti langkah menuju Jannah,
jika memang sejuknya surga harus dibayar dengan terpenjara di dunia,
maka berbaris doa telah kami rapalkan.

Kuatkanlah iman kami. Kokohkanlah kesabaran kami. Jagalah kelurusan niat kami. Jernihkanlah akal dan hati kami. Kami yakin, tiap tetes keringat dan air mata yang kami lelehkan saat berikhtiar menjemput keadilan, seperti yang kami lakukan hari ini, tak akan sia-sia dalam hisabMu kelak.

Itu saja, Tuhan. Selebihnya, biar palu keadilanMu yang berbicara.

Thanks for reading!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: