catatan kecil

buah pikiran, yang menunggu untuk dituliskan

Sekolah

on November 5, 2014

Hidup memang tak ubahnya seperti sekolah. Tempat di mana kita belajar tentang banyak hal. Menjalin relasi dengan sesama murid, juga guru. Berlomba untuk menjadi yang paling berprestasi. Bermain sesekali untuk membuang jenuh. Berupaya keras agar berhasil melewati ujian.


Hidup memang tak ubahnya seperti sekolah. Setiap tingkat punya kesulitannya sendiri. Naik kelas, naik pula beban ilmunya. Berbeda pula materi yang dipelajarinya. Tapi kesemuanya punya tujuan yang sama. Memastikan bahwa ilmu itu akan menjadi gizi dalam jiwa dan pikiran kita, bukan racun yang mematikan akal dan sukma.


Hidup memang tak ubahnya seperti sekolah. Belajar mati-matian tak selalu menjamin kita akan lulus. Tapi sekolah pasti tetap akan mengajari kita sesuatu. Kesabaran dan kepasrahan misalnya, yang tak akan berkurang nilainya meski hasil akhirnya tak seberapa. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok. Yang kita tahu hanyalah kita harus bersungguh-sungguh hari ini, karena itulah yang harus kita lakukan.


Hidup memang tak ubahnya seperti sekolah. Penilaian guru mutlak adanya. Gurulah yang paham mana muridnya yang paling rajin, paling serius, paling berkomitmen, juga yang paling asal-asalan dan sering melamun, terlambat ataupun alpa mengerjakan tugas. Tapi Sang Guru selalu siap membimbing muridnya, yang mau dibimbing tentunya, untuk melalui segala kesulitan.


Hidup memang tak ubahnya seperti sekolah. Memang banyak yang harus kita korbankan. Waktu, tenaga dan uang hanya sebagian contohnya. Tapi nilai yang kita dapat, jauh melebihi itu semua. Tanpa kita sadari, sekolah telah menempa kita menjadi individu yang lebih berdaya dari sebelumnya. Karena itu, murid terbaik tak selalu dia yang mendapat nilai paling cemerlang di sekolah, melainkan dia yang selalu bisa melihat segala keberhasilan maupun kegagalan dari sisi yang positif. Dan dengan kemampuannya itu, sang murid terbaik bisa berdiri tegap dengan senyum lebar di wajahnya.


Ya. Hidup memang tak ubahnya seperti sekolah.

(Originally posted on http://dafitria.wordpress.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: